Keajaiban itu ada di Pikiran !

energi“Energy flows where the mind goes” menunjukkan bahwa pikiran merupakan penggerak utama dari energi tubuh.  Selama ini banyak orang yang bertanya bahkan menyangsikan adanya aliran energi tubuh, bahkan di antaranya masih menganggap baik aliran energi maupun kekuatan pikiran tidak nyata.

Sekalipun bentuk-bentuk pikiran tidak bisa kita pegang dan lihat, namun mereka ada dan diekspresikan melalui apa yang kita lakukan, mulai dari gerakan halus di wajah dan tubuh kita sampai dengan apa yang kita tunjukkan dalam aktivitas kita yang bisa membawa kita sendiri maupun orang lain mampu berkomunikasi secara langsung dan tidak langsung dalam memberikan respons terhadap apa yang terjadi.  Seorang yang berpikiran positif dant terbuka jelas terlihat pada raut wajah, ucapan dan tindakannya. Demikian pula bagi mereka yang berpikiran negatif dan sempit misalnya, akan sangat terasa nuansanya ketika kita berhadapan dan berkomunikasi dengan mereka.

Pikiran menggerakkan aliran energi tubuh sehingga ketika kita membawa pikiran kita kepada hal-hal positif maka akan banyak perubahan yang baik yang akan kita rasakan. Sebaliknya, bila kita membuat ruwet pikiran kita sendiri, tidak memberdayakannya atau malah ‘menyempitkan’ peranan pikiran maka yang akan terjadi dalam diri kita adalah hal-hal yang menghambat kesuksesan kita sendiri, bahkan membawa ‘bad luck’.

Jika Pikiran Bawah Sadar (Sub-Conscious mind) kita ibaratkan ‘kertas putih’ yang diciptakan oleh Tuhan YME sejak kita baru dilahirkan, maka setiap ‘goresan’ di atas kertas putih itu akan menentukan nasib kita ke depan.  Apa yang kita sengaja atau tidak sengaja, langsung atau tidak langsung  kita perbuat atau alami (keadaannya) membuat berbagai perubahan dalam kehidupan kita baik saat itu juga maupun di kemudian hari.  Oleh sebab itu, ketika kita berbicara dan bertindak secara ekologis kita akan memiliki lebih banyak hal baik dan peluang baik daripada kita bertindak sebaliknya.

Dalam dunia pengobatan/ penyembuhan, seorang dokter dan seorang juru sembuh juga memiliki modalitas yang positif dan mampu melakukan proses penyembuhan holistik ketika mereka melaksanakan tugasnya dengan pikiran yang positif atau niat yang ikhlas dalam membantu pasiennya.  Sebagai salah seorang praktisi di bidang penyembuhan holistik, penulis juga melihat korelasi positif antara pikiran yang bersifat universal dengan kesehatan dimana seseorang yang berpikiran luas dan universal lebih berpotensi memiliki kesehatan yang lebih baik sebab ia tidak menciptakan blok-blok pikiran yang cenderung mengalami ‘konflik’ satu dengan yang lain dalam tataran meta.

Pikiran yang mengalir laksana air jernih yang mengalir dengan tenang membawa kesehatan pada semua organ tubuh bahkan seluruh sel-sel tubuh dan peredaran darah.  Salah satu teknik yang selama ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu adalah meditasi. Dengan melakukan meditasi yang baik maka kesehatan dapat lebih ditingkatkan. Meditasi juga bisa berfungsi sebagai detoks tubuh. Jadi tidak aneh jika seorang meditator memiliki tidak hanya kualitas pikiran yang lebih baik tetapi juga kesehatan holistik (menyeluruh).

Seorang praktisi Reiki sebagaimana halnya mereka yang menguasai kemampuan metafisika lainnya, tidak terlepas dari sumber, potensi dan latihan yang baik dalam mengelola energi mereka. Pikiran ternyata menggerakkan reservoir energi yang ada dalam diri kita, dan ketika kita bisa mengelola dan mengolahnya dengan baik maka energi yang kita pancarkan akan lebih sempurna.  Penyembuhan holistik dengan energi semesta ini memberikan keajaiban (miracle) yang bisa menyembuhkan hampir semua penyakit fisik maupun non-fisik.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keajaiban sebenarnya berasal dan berawal dari pikiran. Pikiran pun menggerakkan energi tubuh, dan dalam tataran universal, ketika semakin banyak orang berpikiran positif dan selaras dengan semesta menyatukan keinginan dan melakukan hal-hal yang memberdayakan, maka dunia akan lebih baik. Life is full of miracle for those who love running positive mindset since energy radiated will flow infinitely towards all possible happiness.