Swinging Watch : Alat bantu Induksi dalam Hypnosis

Metode swinging watchPada artikel sebelumnya, penulis telah menguraikan mengenai Chevreul Pendulum dan bagaimana kekuatan Pikiran Bawah Sadar dapat menggerakkannya dan membantu kita dalam menjawab opsi yang ada, misalnya Ya atau Tidak, Benar atau Salah bahkan untuk beberapa pilihan yang kita buat. Chrevreul Pendulum umumnya bergerak vertikal atau horizontal, dan melingkar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam

Saat pertama kali istilah Hypnosis diperkenalkan oleh Dr James Braid, sebuah teknik induksi yang menggunakan jam kantong menjadi sangat terkenal. Disebut juga Swinging Watch (jam yang berayun). Teknik ini menggunakan kekuatan pikiran bawah sadar seperti pada Chevreul Pendulum, namun tidak digunakan untuk memberikan jawaban Ya atau Tidak, Benar atau Salah dan sebagainya. Metode swinging watch ini digunakan untuk membawa client memasuki hypnotic state.

Dalam penggunaan swinging watch ini, seorang hypnotist atau Hypnotherapist akan memposisikannya di hadapan client, sedikit di atas pandangan mata, dan meminta client untuk memandang dan mengikuti pergerakannya. Seorang Hypnotist atau Hypnotherapist akan secara pikiran bawah sadar menginstruksikan swinging watch yang ia pegang untuk bergerak ke arah kiri dan kanan, kemudian berputar searah jarum dan/atau berlawanan arah jarum jam. Setelah beberapa menit, client diminta untuk menutup mata setelah mendengar hitungan 3 sampai 1 dan ia tetap diminta untuk membayangkan seolah-olah swinging watch tersebut masih berputar seperti saat ia tadi masih membuka mata. Kemudian si Hypnotist atau Hypnotherapist kembali meminta client tersebut untuk membuka mata setelah hitungan 1 sampai 3. Setelah itu lakukan proses lagi di atas sekali lagi sampai klien menutup matanya dan proses induksipun selesai. Client sudah berada dalam hypnotic state dan siap untuk proses hypnosis / hypnotherapy selanjutnya.

Swinging watch yang dalam hal ini digunakan sebagai pendulum, berfungsi sebagai alat bantu yang cukup memiliki hypnotic power terhadap client karena saat pertama kali client diminta memandangnya, ia sudah terhipnosis dengan gerakan bandul jam kantong tersebut yang sama sekali tidak digerakkan dengan sengaja oleh tangan si hypnotist atau hypnotherapist. Demikian pula ketika swinging watch itu berubah arah pergerakan, misalnya dari gerak kiri ke kanan (horizontal) kemudian otomatis bisa berubah menjadi gerakan melingkar searah jarum jam.. dst  wooww.. pikiran  bawah sadar clienpun akan mengenalnya sebagai power of subconscious mind juga sehingga terjadi connectedness dengan mudah.

Sebagai pengganti jika kita tidak memiliki jam kantong, bisa digunakan pendulum apa saja seperti kristal atau bandul lainnya yang diikatkan dengan benang atau rantai tipis.

Anda tertarik ? Silakan mencoba sendiri.  Semoga informasi ini bermanfaat !