Mengolah energi tubuh dengan Meditasi untuk Kesehatan

Teknik Meditasi KesehatanMeditasi memiliki banyak bentuk, cara dan manfaat, antara lain meditasi diam (still meditation) dan meditasi gerak (moving meditation). Yang paling umum dikenal adalah meditasi diam dengan cara duduk bersila, atau kaki disilangkan membentuk lotus atau half-lotus. Sedangkan meditasi gerak (dinamis) dilakukan dengan menggerakkan anggota tubuh seperti lengan, tangan, pinggang dan kaki seirama dengan energi yang mengalir (flowing chi) dalam tubuh. Namun pada dasarnya meditasi memiliki kesamaan pada konsentrasi atau fokus namun berbeda dalam aplikasi maupun obyek yang digunakan untuk meditasi itu sendiri.

Meditasi memiliki banyak manfaat seperti untuk menciptakan kedamaian bathin, meningkatkan fokus melalui teknik pernapasan dan visualisasi, juga untuk meningkatkan awareness (kesadaran) terhadap diri sendiri, alam semesta dan mencapai pengembangan spiritualitas yang lebih tinggi atau pencerahan spiritual. Meditasi juga sangat baik sebagai sarana mengolah energi dalam tubuh agar kita senantiasa dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Dalam keilmuan esoterik, meditasi secara umum biasanya digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan vibrasi energi tubuh, membuka (mengoptimalkan) perputaran chakra-chakra, pembangkitan kundalini, dan mencapai kultivasi kesadaran semesta. Adapun manfaat yang dirasakan oleh praktisi antara lain adalah untuk kesehatan dan penyembuhan berbagai penyakit seperti maag, stroke, migrain, syaraf terjepit, dan sebagainya. Bahkan energi-energi positif yang diakses dari alam semesta atau melalui doa-doa ini mempu menghilangkan berbagai gangguan yang berupa energi negatif baik yang sudah ada di alam ini, dari yang berasal dari tempat-tempat angker sampai dengan energi negatif yang di “kirim” oleh orang yang berniat tidak baik kepada kita (psychic attack). Sekalipun meditasi seperti Reiki, Prana, Kundalini, Tummo dan lain-lain berasal atau berakar dari tradisi esoterik Jepang, India dan Tibet kuno, namun dewasa ini dalam perkembangannya, berbagai teknik penyembuhan dengan energi alam atau energi Ilahiah ini telah menyebar dengan cepat di negara-negara Barat seperti Amerika, Inggris, Jerman, Perancis dan lain-lain. Bahkan di beberapa Rumah Sakit (Hospital) di negara-negara tersebut teknik penyembuhan ini telah mendapatkan kepercayaan sebagai bagian standar dari pengobatan mereka. ┬áSebagai contoh di Harvard University Health Service seringkali menggunakan Reiki untuk menangani masalah kesehatan mulai dari mengurangi stress, rasa sakit atau penyakit kronis, proses recovery paska operasi, meningkatkan imunitas tubuh dan sebagainya.

Penyembuhan dengan terapi energi ini tidak memiliki efek samping, aman bagi ibu yang sedang hamil, bayi, anak-anak, dewasa sampai orang tua. Semakin ditingkatkan latihan baik dalam meditasi maupun praktek penyembuhan kepada diri sendiri dan orang lain, maka energi tubuh akan semakin baik dan secara otomatis akan meningkatkan kepekaan kita atas sensasi dan vibrasi energi, menambah pengetahuan dan jam terbang dalam menangani berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.